Wednesday, January 25, 2012

UNTA


saya da lama pikirkan pasal haiwan ini..
kenapa ya?
sebab..
dalam al-quran Allah ada menyarankan kita supa mengunakan akal pikiran yang ada ni memikirkan tentang kejadian unta..

"tidakkah mereka memperhatikan keadaan unta bagaimana ia diciptakan?"
( Al-Ghaasyiyah:18)

adakah Allah saja-saja suruh kita tengok akan kejadian unta?
setiap kejadian yang Allah cipta ada menafaatnya..
jadi..jom kita kita tengok ape yg unik n menarik tentang unta ni.. = )

Jika kita amati bagaimana unta diciptakan, kita akan menyaksikan bahwa setiap bagian terkecil darinya adalah keajaiban penciptaan. Yang sangat diperlukankan pada kondisi panas membakar di gurun adalah minum, tapi sulit untuk menemukan air di sini. Menemukan sesuatu yang dapat dimakan di hamparan pasir tak bertepi juga agak mustahil. Jadi, binatang yang hidup di sini harus mampu menahan lapar dan haus, dan unta telah diciptakan dengan kemampuan ini.

Unta adalah haiwan yang kuat. Unta mampu berjalan di padang pasir yang panas dan berbadai tanpa makan dan minum selama 1 bulan penuh! Unta terbagi kepada dua jenis, yaitu unta berbonggol satu (Camelus dromedarius) dan unta berbonggol dua (Camelus bactrianus). yang dapat ditemukan di daerah kering atau gurun di sekitar Asia dan Afrika. Rata-rata umur unta mencapai 50 tahun! selain itu unta juga bisa dimanfaatkan dengan diambil daging atau susunya.


Unta dapat bertahan hidup hingga lapan hari pada suhu lima puluh darjah celcius(50cc) tanpa makan atau minum. Ketika unta yang mampu berjalan tanpa minum dalam waktu lama ini menemukan sumber air, ia akan menyimpannya.

Unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu sepuluh minit. Ini berarti seratus tiga puluh liter dalam sekali minum; dan tempat penyimpanannya adalah bonggol unta itu. Sekitar empat puluh kilogram lemak tersimpan di sini. Hal ini menjadikan unta mampu berjalan berhari-hari di gurun pasir tanpa makan apapun.

Kebanyakan makanan di gurun pasir adalah kering dan berduri. Namun sistem pencernaan pada unta telah diciptakan sesuai dengan kondisi yang sulit ini. Gigi dan mulut binatang ini telah dirancang untuk memungkinkannya memakan duri tajam dengan mudah. Perutnya memiliki kelebihan yang khusus dan tersendiri sehingga cukup kuat untuk mencerna hampir semua tumbuhan di gurun pasir.

Angin gurun yang muncul tiba-tiba biasanya menjadi pertanda kedatangan badai pasir. Butiran pasir menyesakkan nafas dan membutakan mata. Tapi, Allah telah menciptakan sistem perlindungan khusus pada unta sehingga ia mampu bertahan terhadap kondisi sulit ini.

Kelopak mata unta melindungi matanya dari dari debu dan butiran pasir. Namun, kelopak mata ini juga transparan atau tembus cahaya, sehingga unta tetap dapat melihat meskipun dengan mata tertutup. Pada hidung unta pula Ketika badai pasir menerpa, ia menutup hidungnya dengan penutup khusus.

Salah satu bahaya terbesar bagi kendaraan yang berjalan di gurun pasir adalah terperosok ke dalam pasir. Tapi ini tidak terjadi pada unta, sekalipun ia membawa muatan seberat ratusan kilogram, karena kakinya diciptakan khusus untuk berjalan di atas pasir. Telapak kaki yang lebar menahannya dari tenggelam ke dalam pasir, dan berfungsi seperti pada sepatu salju.

Kaki yang panjang menjauhkan tubuhnya dari permukaan pasir yang panas membakar di bawahnya. Tubuh unta tertutupi oleh rambut lebat dan tebal. Ini melindunginya dari sengatan sinar matahari dan suhu padang pasir yang dingin membeku setelah matahari terbenam.

Beberapa bagian tubuhnya tertutupi sejumlah lapisan kulit pelindung yang tebal. Lapisan-lapisan tebal ini ditempatkan di bagian-bagian tertentu yang bersentuhan dengan permukaan tanah saat ia duduk di pasir yang amat panas. Ini mencegah kulit unta agar tidak terbakar. Lapisan tebal kulit ini tidaklah tumbuh dan terbentuk perlahan-lahan; tapi unta memang terlahir demikian. Kelebihan-kelebihan ini memperlihatkan kesempurnaan penciptaan unta.

Subhanallah...Marilah kita renungkan semua ciri unta yang telah kita saksikan. Tak satupun dari ini semua dapat dijelaskan oleh logik teori evolusi, dan kesemuanya ini menyatakan satu kebenaran yang nyata: Unta telah diciptakan secara khusus oleh Allah untuk hidup di padang pasir, dan untuk membantu kehidupan manusia di tempat ini.

Begitulah, kebesaran Allah dan keagungan ciptaan-Nya tampak nyata di segenap penjuru alam ini, dan Pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu.



3 comments:

  1. good boy! I would say that I'll be your blog follower!

    ReplyDelete
  2. hehehe..terima kasih..baru nak belajar2 nak buat blog..

    ReplyDelete
  3. Ok lepas ni cite pasal keldai plak..hehehe

    ReplyDelete